ALUR BELAJAR SIAGA: Kerangka Konseptual untuk Pengajaran Kebencanaan

Penulis :
Eddy Noviana
Tahun Terbit :
November 2024
Jumlah Halaman :
viii,   80 halaman
Ukuran Kertas : 
15.5 x 23 cm (UNESCO)
ISBN / No. Reg :
978-634-96004-0-8 (PDF)
Deskripsi Buku :
Buku ini membahas tentang kerangka konseptual pengembangan alur pembelajaran SIAGA dalam pengajaran pendidikan bencana. Kerangka konseptual alur pembelajaran SIAGA menyintesis tahapan pembelajaran pada pengajaran konstruktivis (CoT), tahapan pembelajaran pada pengajaran mobile pedagogy (MbPg), dan tahapan pembelajaran pada pengajaran siklus pembelajaran 5E. Keterkaitan ketiga tahapan pembelajaran tersebut menghasilkan dukungan teoritis dan konseptual dalam pengembangan alur pembelajaran SIAGA untuk pembelajaran konten kebencanaan. Alur pembelajaran SIAGA merupakan singkatan bahasa Indonesia. Kata SIAGA dalam bahasa Indonesia adalah kesiapan, sedangkan dalam bahasa Inggris adalah preparedness. Alur pembelajaran SIAGA terdiri dari lima frase dalam bahasa Indonesia, yaitu Siapkan diri, identifikasi konsep, Analisis konsep, Gagasan konsep dan Aksi nyata yang disusun menjadi bentuk tahapan pembelajaran. Kerangka konseptual alur pembelajaran SIAGA diharapkan dapat memberikan pedoman yang jelas bagi pendidik dalam menyampaikan materi kebencanaan secara komprehensif dan efektif memperoleh pengetahuan kebencanaan untuk memfasilitasi transposisi didaktik di era digital dan juga untuk peserta didik dapat dijadikan sebagai tahapan pembelajaran, sehingga belajar lebih sistematis serta terarah.

Dapatkan Buku ini di: