Asesmen Pembelajaran Menyimak di Era Digital

Penulis :
Elvrin Septyanti, S.Pd., M.Pd.
Prof. Dr. Fadly Azhar, Dpl., M. Ed.
Dr. Afrianto Daud, M.Ed.
Tahun Terbit :
Januari 2024
Jumlah Halaman :
vi, 62 halaman
Ukuran Kertas : 
15,5 x 23 cm  (A5 UNESCO)
ISBN / No. Reg :
978-623-09-7312-3
978-623-09-7299-7 (PDF)
Deskripsi Buku :
Buku ini diharapkan dapat mendukung keterlaksanaan asesmen di era digital. Pemanfaaatan teknologi yang menjamur di segala lapisan, mengindikasi perlu adanya bekal pengetahuan teori dan praktik tentang asesmen pembelajaran menyimak di era digital. Secara teori: Paradigma Pembelajaran Berbasis Digital, Pendekatan Tes Bahasa, Asesmen Menyimak, Model Asesmen Menyimak, Pemanfaatan Teknologi dalam Asesmen tersedia di dalam buku ini. Muatan yang disajikan dalam teori buku ini dapat membekali pengetahuan perspektif asesmen menyimak yang kompleks. Selain itu, beberapa alternatif asesmen menyimak dapat membantu calon guru, guru, hingga dosen memahami perspektif asesmen menyimak dan implementasinya. Bagi pengajar, buku asesmen pembelajaran menyimak di era digital ini menjadi acuan bagaimana rangkaian penilaian diintegrasikan dalam serangkaian asesmen, seperti asesmen sebagai proses pembelajaran, asesmen untuk proses pembelajaran, dan asesmen pada akhir pembelajaran sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar mahasiswa. Beberapa alternatif media digital, seperti classroom, kahoots, quizziz, sampai website dapat difungsikan sebagai media asesmen sehingga asesmen dapat dilakukan lebih fleksibel, terkini, dan inovatif. Proses asesmen akan terlihat secara nyata telah dilakukan oleh pengajar. Mahasiswa juga dapat secara langsung melihat proses dan hasil asesmen yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Integrasi teknologi memungkinkan hasil asesmen terdokumentasi secara sistem sehingga memudahkan inventaris baik tes maupun nontes yang telah dilakukan selama proses asesmen. 

Dapatkan Buku ini di: