Penulis :
Clara Yolandika
Neni Hermita
Hendrik
Ihsan Fadilah Ain
Tahun Terbit :
Agustus 2024
Jumlah Halaman :
viii, 55 halaman
Ukuran Kertas :
17.6 x 25.0 cm (B5)
ISBN / No. Reg :
978-623-10-2766-5 (PDF)
Deskripsi Buku :
Rantai pasok adalah rangkaian proses yang terdiri dari aliran barang, informasi dan uang yang bertujuan untuk memenuhi keinginan pelanggan, yang terjadi di dalam dan di antara tahap yang berbeda dalam satu rangkaian dari bagian produksi sampai konsumen akhir. Sementara pengertian dari manajemen rantai pasok yaitu integrasi dari perencanaan, implementasi, koordinasi dan kontrol dari seluruh proses usaha dan aktivitas penting dalam menghasilkan dan mengirim seefisien mungkin sebuah produk sehingga memuaskan kebutuhan pelanggan Rantai pasok tidak hanya terdiri dari pemasok (supplier) dan pabrik, tetapi juga distributor atau transportasi, pergudangan (warehouse), toko atau ritel, dan konsumen sendiri. Dalam manajemen rantai pasok, terdapat empat penggerak (driver) yaitu persediaan, transportasi, fasilitas dan informasi. Terdapat tiga macam aliran yang harus dikelola, yakni aliran barang yang mengalir dari pemasok ke konsumen, aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari konsumen ke pemasok, dan aliran informasi yang bergerak dua arah sepanjang rantai. Keakuratan data merupakan hal penting dalam jaringan rantai pasok yang menjadi faktor penentu ketepatan informasi dan material atau produk.